Tentang Rumah Bambu

rumah bambu adalah tempat bekerja menggunakan konsep haibun. penikmat sastra dipersilahkan mampir.

20 Agustus 2008

Senja

Andai saya sebagai orang tua, saya akan bertanya pada diri sendiri: "Apa yang telah kusumbangkan pada dunia?" Tapi pertanyaan itu tidak muncul di permukaan, hanya dalam batin. Sebab, kemungkinan besar, jejak saya di dunia ini hanya pertikaian dan debat kusir. Ya, saya hanya menyumbangkan debat kusir! Kalau sudah begitu, kalimat tanya tadi makin terbenam ke bawah sadar. Sementara di luar, saya menyaksikan senja yang begitu indah.

tebaran jingga / iringkan susut kala / kalong berburu !

Ternyata bukanlah jejak yang perlu saya wariskan. Biar jejak itu hilang disapu hujan. Saya hanya perlu mewariskan cermin: ada kehidupan baru yang mengantri di depan saya; dan saya tidak punya secuil kuasa pun atasnya.

Hari ini, selagi masih muda, saya melihat senja dengan sudut pandang baru: senja bukanlah permulaan dari akhir, tapi awal menuju hidup baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar