Tentang Rumah Bambu

rumah bambu adalah tempat bekerja menggunakan konsep haibun. penikmat sastra dipersilahkan mampir.

25 November 2008

sembilan

“Dari 1 sampai 10,tunjukkan penilaianmu terhadap puisi ini,” kata pemilik blog kepada para pengunjungnya. Jelas ia meminta umpan balik atas kerja kerasnya berpuisi. Ia pun membentang kualitas yang harus dipilih: buruk sampai sempurna.

Sebelum ikut menilai,aku mempertanyakan: adakah sempurna dan buruk dalam berpuisi? Aku lantas ingat ada seorang tanpa lengan mampu melukis dengan baik menggunakan kakinya. Ada juga pianis Korea yang bisa bersimponi dengan jari tangan tak genap... Buruk dan sempurna,apakah bedanya?

cucian lembab-
gerah susul hujan
di mana angin?

Akhirnya kupilih angka 9 untuk puisinya: sebuah penghargaan untuk keringatnya berpuisi.

4 komentar:

  1. mas har, nyuwun sewu...
    aku kok gak ngerti makna puisinya ya?

    BalasHapus
  2. Angka 9 menurut fengshui adalah sempurna, karena angka berapapun di kalikan 9, hasilnya lalu dijumlahkan akan tetep ketemu 9.

    misalnya niy :

    9 x 3 = 27 = 2 + 7 = 9
    9 x 6 = 54 = 5 + 4 = 9
    9 x 8 = 72 = 7 + 2 = 9

    tapi kalo aku siy sukanya angka 8. Invinitif.
    oiya, aku jg suka angka 3 coz aku anak ke 3 dr 3 bersaudara ^o^

    BalasHapus
  3. duh,et...

    aku ga sampai segitu mikirnya.
    tapi terima kasih infonya.

    BalasHapus
  4. nit,coba kaitkan haiku dan narasi dalam haibun ini.mungkin akan kamu temukan maknanya.
    tapi kadang hidup pun sulit dimaknai...

    salam!

    BalasHapus